^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

ANAK-ANAK KARBITAN

ANAK-ANAK KARBITAN

Oleh Dewi Utama Faizah,
bekerja di Direktorat pendidikan TK dan SD Ditjen Dikdasmen, Depdiknas,
Program Director untuk Institut Pengembangan Pendidikan Karakter divisi dari Indonesian Heritage Foundation.

Anak-anak yang Digegas Menjadi Cepat Mekar, Cepat Matang, Cepat Layu...

Pendidikan bagi anak usia dini sekarang tengah marak-maraknya. Dimana mana orang tua merasakan pentingnya mendidik anak melalui lembaga persekolahan yang ada. Mereka pun berlomba untuk memberikan anak-anak mereka pelayanan pendidikan yang baik. Taman kanak-kanak pun berdiri dengan berbagai rupa, di kota hingga ke desa. Kursus-kursus kilat untuk anak-anak pun juga bertaburan di berbagai tempat. Tawaran berbagai macam bentuk pendidikan ini amat beragam. Mulai dari yang puluhan ribu hingga jutaan rupiah per bulannya. Dari kursus yang dapat membuat otak anak cerdas dan pintar berhitung, cakap berbagai bahasa, hingga fisik kuat dan sehat melalui kegiatan menari, main musik dan berenang. Dunia pendidikan saat ini betul-betul penuh dengan denyut kegairahan. Penuh tawaran yang menggiurkan yang terkadang menguras isi kantung orangtua ...

Captive market! Kondisi diatas terlihat biasa saja bagi orang awam. Namun apabila kita amati lebih cermat, dan kita baca berbagai informasi di internet dan literatur yang ada tentang bagaimana pendidikan yang patut bagi anak usia dini, maka kita akan terkejut! Saat ini hampir sebagian besar penyelenggaraan pendidikan bagi anak-anak usia dini melakukan kesalahan. Di samping ketidak-patutan yang dilakukan oleh orang tua akibat ketidak-tahuannya!

Setiap lembaga yang melakukan pengelolaan PAUD harus melengkapi diri dengan beragam administrasi standard dalam pengelolaan PAUD.   Begitu pula halnya dengan mereka yang mengelola PAUD yang tidak berbasis komersial, tetap harus menunjukkan aspek professional dalam melakukan pengelolaan PAUD.

Salah satu dokumen yang penting untuk menunjukkan sebuah Lembaga PAUD dikelola secara professional, adalah adanya dokumen Kurikulum Belajar untuk para siswa mereka.  Melalui Dokumen Kurikullum tersebut,  masyarakat dapat menilai seberapa professional orang-orang yang mengelola Lembaga PAUD.

Untuk keperluan membantu para pengelola PAUD non komersial yang ingin mendapatkan Panduan dalam penyusuan kurikulum belajar, kami sediakan beberapa file SKH (Satuan Kegiatan Harian), SKM (Satuan Kegiatan Mingguan), RPP Silabus Lengkap untuk PAUD, serta Contoh Buku-Buku Administrasi pengelolaan PAUD.

File SKH (Satuan Kegiatan Harian) dapat didownload disini.   File diberikan dalam bentuk file terkompresi dengan ektension Zip.  Isi File terkompresi tersebut berisi 2 Folder yang masing-masing berisi File sebagai berikut :

Folder  : SKH Semester 1

1.    SKH_diriku_a.docx

2.    SKH_DIRIKU_B.docx

3.    SKH_lingkunganku_A.docx

4.    SKH_lingkunganku_B.docx

5.    SKH_kebutuhanku_A.docx

6.    SKH_kebutuhanku_B.docx

7.    SKH_binatang_A.docx

8.    SKH_binatang_B.docx

9.    SKH_tanaman_A.docx

10.  SKH_tanaman_B.docx

Folder  : SKH Semester 2

1.    SKH_REKREASI_A.docx

2.    SKH_REKREASI_B.docx

3.    SKH_PEKERJAAN_A.docx

4.    SKH_PEKERJAAN_B.docx

5.    SKH_AIR UDARA API_A.docx

6.    SKH_AIR UDARA API_B.docx

7.    SKH_ALAT KOMUNIKASI_A.docx

8.    SKH_ALAT KOMUNIKASI_B.docx

9.    SKH_TANAH AIRKU_A.docx

10.  SKH_TANAH AIRKU_B.docx

11.  SKH_LUAR ANGKASA_A.docx

12.  SKH_LUAR ANGKASA_B.docx

File SKM (Satuan Kegiatan Mingguan) dapat didownload disini.   File diberikan dalam bentuk file terkompresi dengan ektension Zip.  Isi File terkompresi tersebut berisi 2 Folder yang masing-masing berisi File sebagai berikut :

Folder :  SKM Lengkap 1

1.    SKM_diriku_A.docx

2.    SKM_DIRIKU_B.docx

3.    SKM_lingkunganku_A.docx

4.    SKM_lingkunganku_B.docx

5.    SKM_KEBUTUHANKU_A.docx

6.    SKM_KEBUTUHANKU_B.docx

7.    SKM_BINATANG_A.docx

8.    SKM_BINATANG_B.docx

9.    SKM_TANAMAN_A.docx

10.  SKM_TANAMAN_B.docx

11.  SKM_ALAM SEMESTA_A.docx

12.  SKM_ALAM SEMESTA_B.docx

 

Folder :  SKM Lengkap 2

1.    SKM_REKREASI_A.docx

2.    SKM_REKREASI_B.docx

3.    SKM_PEKERJAAN_A.docx

4.    SKM_PEKERJAAN_B.docx

5.    SKM_AIR UDARA API_A.docx

6.    SKM_AIR UDARA API_B.docx

7.    SKM_ALAT KOMUNIKASI_1.docx

8.    SKM_ALAT KOMUNIKASI_B.docx

9.    SKM_TANAH AIR_A.docx

10.  SKM_TANAH AIR_B.docx

RPP Silabus Lengkap untuk PAUD dapat didownload disini.   File diberikan dalam bentuk file terkompresi dengan ektension Zip.  Isi File terkompresi tersebut berisi 3 File sebagai berikut :

1.    Silabus-RPP-TK-RA_dok-tunas63.doc

2.    SilabusPAUDFormal.doc

3.    SilabusPAUDNonFormal.doc

 

Contoh Buku-Buku Administrasi pengelolaan PAUD dapat didownload disini.   File diberikan dalam bentuk file terkompresi dengan ektension Zip.  Isi File terkompresi tersebut berisi 8 File sebagai berikut :

1.    Buku Absensi Harian Guru.docx

2.    Buku Absensi Umum.docx

3.    Buku Ekspedisi.docx

4.    Buku induk  bentuk lain.docx

5.    Buku Induk.docx

6.    Buku Klapper.docx

7.    BUKU TAMU PEMBINAAN.docx

8.    Buku Tamu.docx

Mudah-mudahan  contoh File tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengelola PAUD, utamanya para pengelola PAUD yang berbasis relawan untuk menunjukkan bahwa PAUD yang mereka kelola adalah PAUD Murah – Namun Tidak Murahan.