^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Buku administrasi PAUD

Setiap lembaga yang melakukan pengelolaan PAUD harus melengkapi diri dengan beragam administrasi standard dalam pengelolaan PAUD.   Begitu pula halnya dengan mereka yang mengelola PAUD yang tidak berbasis komersial, tetap harus menunjukkan aspek professional dalam melakukan pengelolaan PAUD.

Salah satu dokumen yang penting untuk menunjukkan sebuah Lembaga PAUD dikelola secara professional, adalah adanya dokumen Kurikulum Belajar untuk para siswa mereka.  Melalui Dokumen Kurikullum tersebut,  masyarakat dapat menilai seberapa professional orang-orang yang mengelola Lembaga PAUD.

Untuk keperluan membantu para pengelola PAUD non komersial yang ingin mendapatkan Panduan dalam penyusuan kurikulum belajar, kami sediakan beberapa file SKH (Satuan Kegiatan Harian), SKM (Satuan Kegiatan Mingguan), RPP Silabus Lengkap untuk PAUD, serta Contoh Buku-Buku Administrasi pengelolaan PAUD.

Bingung saat ingin membuat Proposal Kegiatan ? Tidak perlu bingung, karena membuat proposal itu tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Sepanjang kegiatan yang akan kita usulkan itu memang sudah memiliki gambaran bentuk dan jenis kegiatannya, maka ide tulisan saat proses pembuatan Proposal, pasti akan mengalir dengan sendirinya.

Saat pembuatan Proposal, ada beberapa point yang harus termaktub dalam sebuah proposal. Point-point tersebut adalah sebagi berikut :

Latar Belakang Kegiatan, berisi paparan mengenai hal-hal yang menjadi latar belakang kegiatan yang akan kita laksanakan.

Maksud dan Tujuan, berisi paparan mengenai hal-hal yang menjadi Maksud serta Tujuan diadakannya kegiatan yang akan kita laksanakan.

Bentuk Kegiatan, berisi paparan yang berisi penjelasan bentuk dan jenis kegiatan yang akan kita adakan

Tempat dan Waktu Kegiatan, berisi paparan yang berisi penjelasan tentang lokasi kegiatan dan waktu pelaksanaan kegiatan.

Susunan Kepanitian, berisi penjelasan siapa saja personil yang duduk dalam kepanitian dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Anggaran Dana dan Sumber Pendanaan, berisi paparan secara detail Rencana Anggaran Biaya Kegiatan, serta rencana sumber pendanaan

Penutup, berisi kalimat penutup proposal yang pada intinya mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan untuk terlaksananya kegiatan yang kita rencanakan.

 

Demikian beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan Proposal Kegiatan. Proposal yang baik adalah proposal yang mampu menjelaskan dengan tuntas rasa ingin tahu dari setiap pihak yang ingin berkontribusi dalam kegiatan yang akan kita laksanakan.

Beberapa contoh Proposal Kegiatan sebagai bahan referensi, dapat diunduh di link yang tersedia di bawah ini :

Proposal Pembangunan Masjid
Proposal Hari Kartini
Proposal Pemberantasan Buta Aksara
Proposal Pendirian Pusat Informasi Warga
Proposal Tahun Baru 1 Muharram
Proposal Lomba Menggambar
Proposal Pendirian Pusat Belajar