^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Lembaga PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah salah satu lembaga pendidikan yang dipercaya masyarakat untuk mendidik anak-anaknya.   PAUD memiliki tanggungjawab besar untuk memfasilitasi perkembangan anak. Salah satu yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan peralatan komputer sebagai salah satu media belajar untuk anak usia dini. Berbagai penelitian membuktikan bahwa penggunaan komputer dalam pembelajaran anak usia dini berdampak pada berbagai aspek perkembangan anak, yaitu interaksi sosial, sikap dan motivasi terhadap pembelajaran, kompetensi komunikasi, matematika serta keterampilan dalam penyelesaian masalah. Anak-anak menggunakan komputer dengan percaya, sukses dan antusias.

Dampak yang positif dalam penggunaan komputer sebagai salah satu media belajar, akan diperoleh jika anak berada pada lingkungan yang tepat , peran guru dan program/software yang tepat, serta adanya integrasi komputer dalam program pendidikan anak usia dini secara menyeluruh..

Penggunaan komputer sebagai salah satu media belajar di Lembaga PAUD, terkendala dalam hal penyediaan sarana dan prasarana komputer, mengingat biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan komputer adalah relatif besar.   Selain aspek pengadaan perangkat komputer tersebut, guru yang berperan sebagai fasilitator bagi siswa juga membutuhkan pelatihan awal untuk memastikan memiliki kecakapan dalam penggunaan komputer untuk media pendidikan anak usia dini.

Pertumbuhan Lembaga PAUD yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat, terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun, sebagian besar Lembaga PAUD yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat belum memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Terlebih lagi ketersediaan perangkat komputer sebagai salah satu media pembelajaran untuk anak.

Dilatar belakangi oleh hal tersebut di atas, Rumah Cerdas Kreatif yang memiliki kepedulian terhadap aspek pendidikan anak, tergerak untuk melakukan kegiatan Pelatihan Komputer Untuk Lembaga Paud Non Komersial Berbasis Masyarakat Di Wilayah Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat.   Pelatihan Komputer tersebut berupa Program Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD dan Pengenalan Komputer untuk Anak Usia Dini dari Lembaga Paud Non Komersial Berbasis Masyarakat yang ada di sekitar Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat. Program ini diharapkan dapat membantu Lembaga PAUD dalam mengatasi masalah ketiadaan sarana dan prasarana komputer untuk program belajar siswa.

Maksud dan Tujuan

Maksud dan Tujuan dilaksanakannya Pelatihan Komputer Untuk Lembaga Paud Non Komersial Berbasis Masyarakat Di Wilayah Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat adalah sebagai berikut :

  1. Menyediakan sarana dan prasarana untuk terlaksananya Program Pelatihan Komputer untuk Guru PAUD dan Pengenalan Komputer untuk Anak Usia Dini dari Lembaga Paud Non Komersial Berbasis Masyarakat yang ada di sekitar Jatisampurna Kota Bekasi Jawa Barat
  2. Untuk memberikan kesempatan mendapatkan akses terhadap pemanfaatan teknologi komputer untuk kegiatan belajar dan mengajar anak usia dini.
  3. Untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Guru Pendidikan Anak Usia Dini dalam memanfaatkan komputer sebagai media belajar untuk siswa
  4. Untuk mengenalkan kepada anak-anak sejak usia dini tentang perangkat komputer untuk aktivitas belajar