^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Pernah menjadi pengurus organisasi ? … Jika pernah, pasti terbiasa dengan satu kewajiban yang harus ditunaikan saat masa jabatan berakhir, yaitu pembuatan Laporan Pertanggungjawaban.   Laporan ini lebih dikenal oleh orang kebanyakan sebagai LPJ. Pembuatan LPJ adalah kewajiban yang melekat pada seseorang yang diberikan amanah untuk memimpin satu organisasi.

Pada tataran organisasi pemerintahan di level pertama, yaitu organisasi RT (Rukun Tetangga) atau RW (Rukun Warga), terkadang kewajiban pembuatan LPJ ini sering diabaikan. Beberapa mengasosiasikan Laporan LPJ ini dengan laporan keuangan dari aspek penerimaan dan pengeluaran keuangan saja. Padahal laporan keuangan adalah bagian dari LPJ. Tanpa Laporan Keuangan tidak dapat disebut sebagai LPJ, dan bukan LPJ jika hanya berisi Laporan Keuangan.

Sebaiknya apa saja yang harus tercantum dalam sebuah Laporan Pertanggungjawaban ? adalah salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang ingin membuat sebuah LPJ saat jabatan yang diamanahkan kepada dirinya akan berakhir.

Berdasarkan pengalaman mengikuti kegiatan Training Management saat kuliah zaman baheula dulu, minimal bebepa point yang harus ada dalam sebuah Laporan Pertanggungjawaban adalah sebagai berikut :

  1. Penjabaran Latar Belakang dibuatnya LPJ
  2. Tujuan dibuatnya LPJ
  3. Peristiwa dan Kegiatan menonjol apa saja yang terjadi selama masa jabatan
  4. Permasalahan yang dihadapi selama masa jabatan
  5. Pelaporan korespondensi yang terjadi dengan pihak lain selama periode masa jabatan
  6. Pelaporan penerimaan dan pengeluaran keuangan
  7. Rekomendasi Perbaikan untuk pengurus yang akan datang

Pembuatan LPJ selain dimaksudkan sebagai upaya mewujudkan transparansi pengelolaan organisasi, juga dimaksudkan untuk dapat dijadikan sebagai pijakan awal bagi pengurus organisasi yang selanjutnya. Sehingga diharapkan organisasi dapat terus menerus berkembang dan menuju ke arah pengelolaan yang lebih baik dan sempurna.

Untuk membantu memberikan gambaran seperti apa contoh Laporan Pertanggungjawaban organisasi, dapat didownload contoh File yang tersedia di bawah ini :

  1. Laporan Pertanggungjawaban Pengurus RT
  2. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Donor Darah
  3. Laporan Pertanggungjawaban Pengelolaan Radio Komunitas
  4. Laporan Pertanggungjawaban Ketua DKM
  5. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Gebyar Muharram
  6. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Perayaan 17 Agustus
  7. Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Maulid Nabi