^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Dhany baru saja usai membuat Gambar Design renovasi rumah kami dengan aplikasi Sketchup.  Aplikasi Sketchup merupakan salah satu jenis software 3D modeling untuk arsitektur, interior design, civil dan mekanikal, woodworking (pekerjaan perkayuan), film, video game, dan bidang lainnya. Software ini merupakan program 3d modeling yang paling mudah digunakan dan paling ringan dalam pengoperasiannya di komputer / laptop, karena tidak memerlukan resource memori yang besar, dan softwarenya sendiri pun ukurannya relatif kecil jika dibandingkan dengan software-software 3d modeling lainnya.

Sketchup pertama kali dikembangkan oleh perusahaan startup bernama @Last Software pada tahun 1999, kemudian Sketchup dibeli oleh Google pada tahun 2006 hingga 2012. Kemudian oleh Google sketchup dijual lagi ke Trimble Navigation Ltd. Trimble Navigation Ltd sendiri merupakan perusahaan alat-alat navigasi, mapping (pemetaan) dan surveying (survey).

Walaupun sudah bukan lagi dimiliki oleh Google, namun hingga kini, aplikasi ini lebih popular dengan sebutan aplikasi Google Sketchup.

Hasil design karya Dhany cukup menarik dan cukup sesuai dengan konsep rumah yang akan kami kembangkan. Sangat Surprise sebenarnya, ketika mengetahui bahwa Dhany mampu mengoperasikan aplikasi google Sketchup. Hmmm … sepertinya darah seni dari keluarga besar Sujono Wiryopranoto menurun ke Ananda Dhany.

 

Gambar design rumah kami berdasarkan karya Dhany adalah sebagai berikut :

  

 

 

Kami mencoba menghitung berapa kira-kira dana yang dibutuhkan untuk mewujudkan design Dhany tersebut. Hasil browsing untuk mencari tahu bagaimana cara menghitung estimasi biaya renovasi, ternyata tidak memberikan hasil yang memuaskan. Sebagian besar situs arsitek dan jasa pembangunan rumah, hanya memberikan sedikit informasi tentang hal tersebut.   Pada salah satu situs, ditawarkan untuk mendownload File Microsoft Excel yang berisi sheet perhitungan biaya renovasi rumah. File yang ditawarkan cukup menarik, didalamnya ada perhitungan satuan pekerjaan berdasarkan harga satuan bahan terbaru di tahun 2016. Langsung saja, saya download File tersebut.

Ukuran Filenya tidak terlalu besar, saat dibuka ….. jreng-jreng …. Saya diminta untuk memasukkan Password.   Hi hi hi … ternyata File Excel yang ditawarkan tersebut diberikan Password. Usut punya usut …. Untuk mendapatkan passwordnya, saya harus mentransfer uang senilai Rp. 50.000 ke rekening pemilik situs. Hmmm … sudahlah, ilmu itu memang mahal, dan akhirnya saya putuskan untuk mentransfer uang sejumlah yang ditentukan untuk mendapatkan Password pembuka File Excel tersebut.

Akhirnya File Excel yang berisi perhitungan biaya renovasi atau Biaya Pembangunan rumah yang sering dikenal dengan istilah Perhitungan RAB (Rencana Anggaran Biaya) itu dapat saya buka.

 

 

File Excel tersebut terdiri dari 5 Sheet, yaitu :

  • 1. Harga Satuan, berisi Harga Material update berdasarkan Harga Standard 20162. 
  • 2. Analisis Pekerjaan, berisi analisis harga satuan per jenis pekerjaan berdasarkan koefisien per material dan tenaga
  • 3. Satuan Pekerjaan, daftar harga per satuan pekerjaan berdasarkan Analisis Pekerjaan
  • 4. RAB, berisi Jenis Pekerjaan yang akan kita lakukan atas rencana pembangunan atau Renovasi Rumah kita
  • 5. Rekap, berisi total rekap RAB

 

File Excel tersebut cukup membantu untuk orang awan seperti saya. Setelah melakukan perhitungan, ternyata angka RAB yang keluar cukup fantastis ….. mencapai Rp. 428 juta ….   Hmmmm harus lebih giat lagi menabung …

Untuk keperluan berbagi ilmu, maka File Excel untuk keperluan perhitungan RAB tersebut saya persilahkan kepada siapa saja yang ingin memilikinya untuk dapat mendownloadnya disini. Silahkan download dan selamat menghitung RAB Pembangunan/Renovasi Rumah Anda.