^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Hari Anti Korupsi

Setiap tanggal 9 Desember, diperingati sebagai Hari Anti Korupsi Se-dunia yang di Indonesia rencananya akan dirayakan secara meriah dengan melakukan aksi demo massal di beberapa titik di Jakarta dan hampir di seluruh Kota Besar di Indonesia.

Pemberitaan yang gencar di seluruh media pemberitaan terhadap rencana aksi demo dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia, mengusik Dhany dan Izan untuk bertanya kepada kami, yaitu : “yah … apa sich arti Korupsi itu ?? “

Sejenak berpikir untuk memberikan penjelasan tentang arti Korupsi kepada Dhany dan Izan, akhirnya kami berikan penjelasan kepada Dhany dan Izan bahwa korupsi adalah tindakan mencuri uang yang bukan merupakan haknya. “Berarti sama dengan pencuri dong !! “ ujar Dhany yang serta-merta membuat saya harus berpikir kembali mencari contoh yang tepat untuk menjelaskan arti korupsi kepada seorang anak kecil kelas 4 SD.

Akhirnya terpikir juga untuk membuat contoh sederhana. “Dhan … korupsi itu contohnya kalo Dhany minta uang ke Ayah untuk membeli Buku, waktu ayah Tanya berapa, Dhany menjawab harga bukunya 15 ribu, padahal harga bukunya Cuma 10 ribu. Jadi waktu ayah kasih Dhany uang sebanyak 15 ribu, Dhany kemudian mengambil sisa uang yang 5 ribu karena harga bukunya sebenarnya Cuma 10 ribu. Nah … tindakan Dhany yang semacam itu bisa dikategorikan sebagai Korupsi uang pembelian buku. Seharusnya harganya 10 ribu, tapi Dhany bilang harganya 15 ribu dan selisih uang yang 5 ribu Dhany ambil untuk dipake beli jajan di kantin sekolah.”

Gambar kontak
Ketua Dewan Pengurus - Yayasan Rumah Cerdas Kreatif
Alamat:
Perumahan Grand Cibubur Blok G No.11 Jl. Alrternatif Cibubur KM 4 Jatisampurna
Kota Bekasi
Jawa Barat
17433
Indonesia
Mobile:
081212722725
Send an Email
(opsional)