^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Sebagai sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang literasi dan pendidikan, Rumah Cerdas Kreatif secara aktif mengikuti beragam kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh komunitas literasi yang ada di Indonesia. Beberapa kegiatan literasi yang diikuti oleh Rumah Cerdas Kreatif antara lain adalah :

 

Olympiade Taman Bacaan Anak (OTBA)

Kegiatan Olympiade Taman Bacaan Anak diselenggarakan oleh Komunitas 1001Buku dengan frekuensi kegiatan 1 kali dalam 2 tahun. Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) merupakan kompetisi taman bacaan anak terbesar di Indonesia yang diikuti taman-taman baca anak (TBA) anggota jaringan 1001Buku dari seluruh Indonesia. Dalam kompetisi ini anak akan diajak untuk mengikuti berbagai perlombaan yang mengasah pengetahuan, minat baca, kerjasama, dan ketangkasan mereka.

Rumah Cerdas Kreatif mengikuti kegiatan ini sejak Tahun 2007. Alhamdulillah, pada kegiatan Olympiade tahun 2007 dan OTBA Tahun 2013, Rumah Cerdas Kreatif berhasil menjadi pemenang salah satu lomba yang diadakan dalam kegiatan tersebut, yaitu :

  1. OTBA Tahun 2007   : Juara 3 - Lomba Majalah Dinding
  2. OTBA Tahun 2013   : Juara 3 - Lomba Kreasi Barang Bekas

 

 

Workshop Taman Bacaan Anak

Kegiatan Workshop Taman Bacaan Anak ini diselenggarakan oleh Komunitas 1001 Buku sebagai bagian dari rangkaian acara Olympiade Taman Bacaan Anak (OTBA).

Workshop ini berisi Sesi-sesi pelatihan pengembangan taman baca untuk para pengelola TBA. Akan diisi oleh para penggiat literasi, praktisi, akademisi, dan juga sesama pengelola TBA. Melalui pelatihan dan pembekalan ini, diharapkan TBA yang mereka kelola akan menjadi sarana perubahan dan pendidikan alternatif.

Festival Pembaca Indonesia (FPI)

Festival Pembaca Indonesia adalah kegiatan besar yang sejak tahun 2010 rutin diadakan setiap tahun oleh Goodreads Indonesia. Kegiatan ini tercipta selain untuk memberikan wadah rekreasi baca dan juga sebagai tempat berkumpulnya pembaca Indonesia, diharapkan juga dapat membudayakan kegiatan membaca dari dan untuk pembaca Indonesia.

Goodreads Indonesia, merupakan komunitas pembaca yang sudah terbentuk selama sembilan tahun ini, menjadikan Festival Pembaca Indonesia sebagai puncak kegiatannya dalam setahun. Dengan lebih dari 15.000 anggota terdaftar, diharapkan banyak pengunjung yang akan datang. Goodreads Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam skala lokal hingga internasional. Bekerjasama dengan penerbit, penulis, komunitas, perusahaan, dan pihak lainnya, Goodreads Indonesia akan berusaha menyelenggarakan kegiatan Festival Pembaca Indonesia yang menarik perhatian para pecinta baca di Indonesia.

Pada awalnya kegiatan ini diadakan selama satu hari di minggu pertama bulan Desember. Namun, sejak Tahun 2013, Festival Pembaca Indonesia digelar selama dua hari berturut-turut.

Tema yang diambil di setiap tahun kegiatan selalu berbeda-beda. Semua bermuara kepada penguatan Budaya Literasi di Indonesia.

Rumah Cerdas Kreatif berpartisipasi dalam kegiatan Festival Pembaca Indonesia ini sejak tahun 2012. Pada Stand Rumah Cerdas Kreatif selalu diadakan kegiatan yang menarik perhatian para pengunjung festival dan juga selalu memberikan hadiah buku bacaan untuk para pengunjung yang berpartisipasi dalam acara yang diadakan di stand Rumah Cerdas Kreatif.

 

 

 

 

 

Perpustakaan Jalanan

Kegiatan Perpustakaan Jalanan ini dilakukan oleh Rumah Cerdas Kreatif di area Car Free Day di kawasan Jakarta Pusat. Targetnya adalah mengajak warga masyarakat untuk tetap mempertahankan budaya baca.