^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Gelaran Tahunan untuk Para penggila Buku berlangsung di Museum Nasional pada tanggal 10 dan 11 Desember 2016 .   Event Tahunan tersebut adalah Festival Pembaca Indonesia 2016. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Rumah Cerdas Kreatif kembali ikut berpartisipasi meramaikan event tahunan tersebut.

“7 Keajaiban Membaca” merupakan tema yang diangkat dalam Festival Pembaca Indonesia 2016. Keajaiban-keajaiban yang akan kita dapat saat membaca diantaranya: Menajamkan imajinasi, Mendapatkan ilmu pengetahuan, Membangun kepercayaan diri, Menumbuhkan sikap peduli, Menumbuhkan kreativitas, Menjelajahi ruang dan waktu tanpa bergerak, dan Menginspirasi gerakan perubahan.

Tepat pukul 7 pagi, dengan menggunakan armada Grab Car, kami berangkat dari tempat tinggal kami di kawasan Cibubur menuju ke Museum Nasional. Kami berangkat bersama dengan anak-anak kami dan 2 rekannya.

Tiba di Museum Nasional, sempat terjadi “keriwehan” ketika petugas security meminta kami menunggu di depan pintu masuk sampai pintu tersebut dibuka untuk pengunjung. Kami jelaskan bahwa kami adalah peserta pameran dan akan “loading barang” ke lokasi pameran. Petugas tetap meminta kami menunggu di depan pintu masuk. Jadilah kami turunkan semua barang bawaan kami dari Grab Car yang membawa kami. Namun, tak lama kemudian petugas security lain mempersilahkan kami untuk masuk melalui area loading di area basement. “ Hmmmm … kenapa gak dari tadi sih pak !! kalo begini khan menyusahkan kita yang gotong-gotong barang ! “ gerutu kami sambil mengajak anak-anak menuju ke area basement Museum Nasional.

Tiba di lokasi pameran, kami masih harus menunggu sekitar 15 menit karena petugas buka pintu masih berkeliling area museum. Dari luar ruangan, kami dapat melihat posisi stand kami persis berada di pojok ruangan.

Pada Festival Pembaca Indonesia Tahun 2016 ini, stand kami, Rumah Cerdas Kreatif mengambil tema “Battle Puzzle”, yaitu Pertandingan Puzzle antara 2 orang peserta, dimana pemenangnya akan mendapatkan hadiah buku. Khusus untuk yang mampu menyelesaikan Puzzle dalam durasi waktu 30 detik, akan mendapatkan hadiah istimewa berupa Buku yang tebalnya mencapai 1213 halaman ….

Gelaran yang seharusnya berlangsung selama 2 hari, terpaksa hanya kami ikuti di hari minggu saja. Hal ini karena anak-anak yang mendukung kegiatan kami masih harus mengikuti kegiatan test semester di sekolah mereka.

Saat pintu ruang pameran di buka, kami segera menuju ke Booth Rumah Cerdas Kreatif. Hari itu kami membawa 3 laptop, 1 monitor, 1 koper buku anak untuk hadiah, serta banner backdrop.   Proses persiapan both Alhamdulillah berjalan lancar. Tepat pukul 9 pagi, booth Rumah Cerdas Kreatif siap menerima kunjungan pengunjung pameran.

Event Festival Pembaca Indonesia adalah event yang sudah 5 tahun kami ikuti. Event ini menjadi pilihan kami karena nuansa literasinya sangat terasa. Event ini bener-bener evennya para penggiat literasi dan penggila baca. Tidak ada jual-jualan di event tersebut. Kalo toh ada jualan, itu sebatas jual buku yang penulisnya diundang khusus untuk berdialog dengan para pecinta buku. Selebihnya adalah ragam kegiatan yang bernuansa literasi. Contoh Aktivitas yang paling popular di event ini antara adalah :

Aktivitas Book Swap, adalah aktivitas untuk saling menukarkan 1 buku yang kita miliki dengan buku lain yang ada di meja penukaran. Frekuensi penukaran bebas, asalkan konsepnya 1 buku ditukar dengan 1 buku lainnya.   Buku yang tidak boleh dijadikan alat tukar adalah buku pelajaran, buku komik, majalah, dan brosur.

Aktivitas Book War, adalah aktivitas Tukar buku dengan system rebutan. Kenapa harus rebutan ? karena pada saat aktivitas berlangsung, panitia akan meletakkan buku-buku yang kategorinya buku baru dan bagus. Jumlahnya terbatas, sehingga para pengunjung harus saling berebut untuk menukarkan bukunya dengan buku yang terbatas tersebut. Event ini adalah event yang paling meriah dan seru !

Aktivitas Kotak Mistery, adalah aktivitas tukar buku dengan cara lelang. Panitia akan menunjukkan 1 kotak tertutup yang berisi buku. Jenis bukunya akan dideskripsikanoleh panitia melalui clue-clue singkat. Pengunjung yang berminat dapat mengajukan penawaran berapa buku yang akan ditukarkan dengan buku yang ada di dalam kotak mistery tersebut. Penawaran lelang buku dimulai dari angka penawaran 5 buku … dan seterusnya hingga tidak ada lagi yang melawan angka penawaran tertinggi. Rekor Lelang buku terjadi di tahun 2016 ini, dimana Buku di dalam Kotak Mistery ditawar untuk ditukarkan dengan 160 buku !

Ragam Kuis dan Permainan di Stand peserta. Permainannya aneka ragam, tetapi hadiah untuk pesertanya adalah buku dan aksesoris buku.

Stand Rumah Cerdas Kreatif, walaupun lokasinya di pojok, tetap disambangi oleh cukup banyak pengunjung. Aktivitas di tempat kami memang menarik. Tanding Puzzle dan berkesempatan mendapatkan hadiah.

Kenapa memilih tanding Puzzle ? ini tentunya sesuai dengan komitmen kami untuk mengajak seluruh orang untuk melakukan aktifitas cerdas dan kreatif, salah satunya adalah permainan Puzzle yang didalamnya memiliki unsur kecerdasan dan keterampilan. Kenapa hadiahnya buku anak ?   Karena Rumah Cerdas Kreatif memang fokus pada pengembangan kecerdasan dan kreatifitas anak sejak usia dini.

Berikut ini adalah dokumentasi Event Festival Pembaca Indonesia 2016

 

Setiap kegiatan yang diadakan oleh Rumah Cerdas Kreatif pastilah membutuhkan pendanaan. Sumber utama pendanaan saat ini adalah dari Kantong pribadi kami selaku pengelola. Pada beberapa kesempatan, kami juga melakukan kegiatan Fund Raising dalam bentuk penjualan merchandise atau produk edukatif lainnya. Salah satu yang sempat kami jual adalah Paket CD Edukasi Marbel. Paket dijual dengan harga tidak terlalu mahal sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh Educa Studio selaku pengembang Aplikasi.

Pada setiap event Literasi yang diikuti oleh Rumah Cerdas Kreatif, kami selalu menyempatkan diri untuk memasang Beberapa Poster yang isinya adalah ajakan untuk mau mengembangkan aspek Literasi di rumah kita masing-masing.

Beberapa contoh Poster tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

 

 

 

 

Sebagai sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang literasi dan pendidikan, Rumah Cerdas Kreatif secara aktif mengikuti beragam kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh komunitas literasi yang ada di Indonesia. Beberapa kegiatan literasi yang diikuti oleh Rumah Cerdas Kreatif antara lain adalah :

 

Olympiade Taman Bacaan Anak (OTBA)

Kegiatan Olympiade Taman Bacaan Anak diselenggarakan oleh Komunitas 1001Buku dengan frekuensi kegiatan 1 kali dalam 2 tahun. Olimpiade Taman Bacaan Anak (OTBA) merupakan kompetisi taman bacaan anak terbesar di Indonesia yang diikuti taman-taman baca anak (TBA) anggota jaringan 1001Buku dari seluruh Indonesia. Dalam kompetisi ini anak akan diajak untuk mengikuti berbagai perlombaan yang mengasah pengetahuan, minat baca, kerjasama, dan ketangkasan mereka.

Rumah Cerdas Kreatif mengikuti kegiatan ini sejak Tahun 2007. Alhamdulillah, pada kegiatan Olympiade tahun 2007 dan OTBA Tahun 2013, Rumah Cerdas Kreatif berhasil menjadi pemenang salah satu lomba yang diadakan dalam kegiatan tersebut, yaitu :

  1. OTBA Tahun 2007   : Juara 3 - Lomba Majalah Dinding
  2. OTBA Tahun 2013   : Juara 3 - Lomba Kreasi Barang Bekas

 

 

Workshop Taman Bacaan Anak

Kegiatan Workshop Taman Bacaan Anak ini diselenggarakan oleh Komunitas 1001 Buku sebagai bagian dari rangkaian acara Olympiade Taman Bacaan Anak (OTBA).

Workshop ini berisi Sesi-sesi pelatihan pengembangan taman baca untuk para pengelola TBA. Akan diisi oleh para penggiat literasi, praktisi, akademisi, dan juga sesama pengelola TBA. Melalui pelatihan dan pembekalan ini, diharapkan TBA yang mereka kelola akan menjadi sarana perubahan dan pendidikan alternatif.

Festival Pembaca Indonesia (FPI)

Festival Pembaca Indonesia adalah kegiatan besar yang sejak tahun 2010 rutin diadakan setiap tahun oleh Goodreads Indonesia. Kegiatan ini tercipta selain untuk memberikan wadah rekreasi baca dan juga sebagai tempat berkumpulnya pembaca Indonesia, diharapkan juga dapat membudayakan kegiatan membaca dari dan untuk pembaca Indonesia.

Goodreads Indonesia, merupakan komunitas pembaca yang sudah terbentuk selama sembilan tahun ini, menjadikan Festival Pembaca Indonesia sebagai puncak kegiatannya dalam setahun. Dengan lebih dari 15.000 anggota terdaftar, diharapkan banyak pengunjung yang akan datang. Goodreads Indonesia telah berpengalaman menyelenggarakan kegiatan perbukuan dalam skala lokal hingga internasional. Bekerjasama dengan penerbit, penulis, komunitas, perusahaan, dan pihak lainnya, Goodreads Indonesia akan berusaha menyelenggarakan kegiatan Festival Pembaca Indonesia yang menarik perhatian para pecinta baca di Indonesia.

Pada awalnya kegiatan ini diadakan selama satu hari di minggu pertama bulan Desember. Namun, sejak Tahun 2013, Festival Pembaca Indonesia digelar selama dua hari berturut-turut.

Tema yang diambil di setiap tahun kegiatan selalu berbeda-beda. Semua bermuara kepada penguatan Budaya Literasi di Indonesia.

Rumah Cerdas Kreatif berpartisipasi dalam kegiatan Festival Pembaca Indonesia ini sejak tahun 2012. Pada Stand Rumah Cerdas Kreatif selalu diadakan kegiatan yang menarik perhatian para pengunjung festival dan juga selalu memberikan hadiah buku bacaan untuk para pengunjung yang berpartisipasi dalam acara yang diadakan di stand Rumah Cerdas Kreatif.

 

 

 

 

 

Perpustakaan Jalanan

Kegiatan Perpustakaan Jalanan ini dilakukan oleh Rumah Cerdas Kreatif di area Car Free Day di kawasan Jakarta Pusat. Targetnya adalah mengajak warga masyarakat untuk tetap mempertahankan budaya baca.