^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Setiap kali tiba masa lebaran, warga perumahan Grand Cibubur selalu dihadapi dengan permasalahan klasik, libur panjang para pembantu rumah tangga dan tukang cuci yang berasal dari kawasan kampung sekitar Perumahan Grand Cibubur.

Salah satu alasan libur panjang yang diajukan para Pembantu Rumah Tangga dan Tukang Cuci tersebut adalah karena harus melakukan aktivitas ziarah ke makam leluhur di Gunung Putri.  

Warga Grand Cibubur sendiri hanya memiliki informasi yang sedikit tentang aktivitas Ziarah Makam Leluhur tersebut.   Informasi yang diketahui warga Grand Cibubur hanya sebatas informasi bahwa kegiatan Ziarah Makam Leluhur tersebut dilakukan pada hari ke 7 setelah Idhul Fitri di wilayah Gunung Putri. Satu hari sebelum aktivitas ziarah, biasanya peziarah mempersiapkan beragam makanan yang oleh banyak warga Grand Cibubur diyakini sebagai makanan sesajian yang menjadi bagian aktivitas Ziarah Makam Leluhur.

Rasa penasaran untuk mengetahui lebih jauh aktivitas Ziarah Makam Leluhur tersebut akhirnya membawa kami untuk melakukan peliputan di lokasi kegiatan.   Kami melakukan peliputan pada pagi hari tanggal 16 September 2010. Dimulai dengan menyusuri jalur menuju lokasi makam di kawasan Gunung Putri Kabupaten Bogor. Perjalanan dimulai dari pintu gerbang Grand Cibubur menuju ke arah Cikeas dan langsung mengarahkan kendaraan berbelok ke arah kawasan Bojong Nangka dan lurus mengambil jalur ke arah pintu Tol Keranggan Gunung Putri.

Selengkapnya: Ziarah Makam Leluhur

Di satu Minggu pagi, anak-anak Grand Cibubur berkumpul bersama Rumah Cerdas Kreatif untuk mengikuti kegiatan Bermain dan Belajar yang diadakan oleh Rumah Cerdas Kreatif.

Kegiatan perdana Rumah Cerdas Kreatif di Perumahan Grand Cibubur mengambil tema kegiatan “Ceria Bermain dengan Angka

Angka-angka seringkali identik dengan Matematika yang banyak menjadi momok bagi anak-anak kita yang duduk di bangku sekolah.   Kegiatan Ceria Bermain Angka yang diadakan oleh Rumah Cerdas Kreatif mencoba menghapus momok tersebut dengan menyuguhkan beberapa permaianan yang berbasis angka dan perhitungan dasar matematika.   Permainan yang berbasis kepada angka tersebut diharapkan dapat membantu anak-anak agar dapat lebih menyukai mata pelajaran matematika.

Kegiatan Ceria Bermain dengan Angka dipandu langsung oleh Om Didi (begitu ia membahasakan dirinya ke anak-anak).

Kegiatan dibuka dengan Permainan Tebak Angka. Permainan Tebak Angka ini dilakukan dengan mempersilahkan setiap anak untuk memilih angka puluhan. Setelah itu anak-anak diminta untuk melakukan beberapa perhitungan sederhana dan menyebutkan hasil akhir hitungan tersebut. Berdasarkan hasil hitungan tersebut, Om Didi bisa langsung menebak berapa angka yang ditulis oleh setiap anak.  

Selengkapnya: Ceria Bermain Angka