^Kembali ke Atas

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5

Radio Sekolah merupakan alat peraga auditif yang besar nilainya pada sebuah proses pendidikan. Sekolah dapat mengikuti siaran radio yang dipancarkan dari luar mengenai masalah-masalah yang berkenaan dengan pelajaran di kelas, atau apabila fasilitas memungkinkan sekolah dapat juga mendirikan pemancar radio pendidikan tersendiri.

Keberadaan radio sekolah yang dikelola oleh seluruh stake holder yang ada di sekolah, akan mampu memberikan nilai tambah dalam kegiatan pembelajaran di sekolah.

Tertarik membuat Radio Sekolah ? jika ya … mari kita lakukan langkah-langkah pembuatan Stasiun Pemancar Radio Sekolah dengan rincian seperti berikut ini :

1. Persiapan Sarana dan Prasarana

A. Ruang Studio

Ruang studio yang dibutuhkan untuk pengelolaan Radio Sekolah, dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada di sekolah. Jika dimungkinkan, ruangan diupayakan dalam bentuk ruangan tertutup untuk memastikan penyiar yang sedang bertugas dapat melakukan siaran dengan nyaman, dan tidak ada distorsi suara dari luar studio yang dapat mengganggu kualitas suara yang dipancarkan melalui pemancar. Ukuran Studio juga sangat relatif. Ruangan dengan ukuran 4m x 3 m juga sudah dapat dimanfaatkan sebagai Ruangan Studio.

Furniture yang harus disediakan di Ruang Studio minimal adalah Meja untuk meletakkan Komputer, Mixer, dan Microphone.   Meja dilengkapi dengan 2 atau 3 kursi. Sediakan juga rak untuk tempat meletakkan Pemancar.

Jangan lupa sediakan Power Listrik untuk kebutuhan listrik seluruh perangkat siaran yang membutuhkan akses listrik. Minimal dibutuhkan 6 stop kontak.

 

B. Perangkat Pemancar Radio

Pemancar Radio yang digunakan disarankan adalah pemancar dengan Gelombang FM karena perangkatnya mudah didapatkan di beberapa Perakit Lokal yang ada di Indonesia.

Tersedia cukup banyak Perakit Pemancar FM di Indonesia. Mulai dari Rakitan Rumahan, sampai dengan Rakitan Semi Industri. Harga perangkat Pemancar FM Rakitan Lokal, berkisar mulai dari 3 juta sampai dengan 5 juta. Perangkat yang sudah mengantongi Sertifikasi dari Dirjen Postel harganya jauh lebih mahal, bisa mencapai 10 juta rupiah per unit.

Namun, jika pendirian Radio Sekolah ini hanya ditujukan untuk semacam Mini Lab Studio Radio, maka dapat menggunakan Perangkat Pemancar Rakitan Mini yang harganya berkisar antara 700 ribu sampai dengan 1 juta rupiah. Jangkauan Perangkat Pemancar Mini ini lumayan, minimal 1 area sekolah dapat terjangkau.

Untuk Penerapan Awal Pembuatan Radio Sekolah, disarankan untuk menggunakan Pemancar Rakitan lokal saja dan belum perlu sampai kualitas standard Sertifikasi. Cukup menggunakan Perangkat Pemancar yang sudah memiliki teknologi PLL (Phase-Locked Loop), yaitu perangkat pemancar dengan teknologi Lock Frekuensi. Teknologi PLL ini memungkinkan kita memancarkan siaran Radio pada frekuensi yang stabil.

Berdasarkan pengalaman dalam pengelolaan Radio Komunitas, kami rekomendasikan Perakit Pemancar FM yang menyediakan produk rakitan dengan kualitas baik dan harga yang relative terjangkau, yaitu Bp. Tony yang mengelola CV. Tony Karya Elektric berlokasi di Bangil - Pasuruan Jawa Timur.  Beliau dapat dihubungi di nomor telephone 0896-3737-5795

Paket Pemancar FM yang disediakan oleh Perakit Pemancar, umumnya sudah terdiri dari Unit Pemancar, Antena, dan Kabel Antena. Biasanya dibutuhkan waktu 1 minggu untuk melakukan perakitan sampai perangkat siap dikirim ke alamat kita.

Untuk instalasi Antena pemancar, dibutuhkan menara antena atau jika tidak terlalu tinggi, dapat menggunakan pipa sebagai tiang antenna untuk menggantikan menara triangle yang harganya cukup mahal. Semakin tinggi tiang antenna, akan semakin jauh jangkauan siaran radio kita.

C. Perangkat Sumber Audio

Beberapa perangkat yang menjadi Sumber Audio dalam system penyiaran antara lain adalah :

Unit Komputer

Komputer yang dapat digunakan sebenarnya bisa komputer dengan spesifikasi apapun. Asalkan memiliki Soundcard, maka komputer tersebut dapat kita gunakan untuk keperluan siaran. Pada komputer tersebut nantinya kita akan masukkan lagu-lagu dalam format MP3 untuk sumber siaran.

Multimedia Player yang kita gunakan, sebaiknya yang memiliki fasilitas Playlist atau Fasilitas Database untuk memudahkan dalam pencarian lagu.   Untuk saat ini, sudah banyak tersedia Aplikasi khusus untuk siaran radio. Salah satunya yang dapat digunakan adalah Aplikasi Zara Radio yang diproduksi oleh Zara Studio dan untuk Aplikasi Free licence-nya dapat diunduh di alamat http://www.zarastudio.es

Cassete/VCD/DVD Player

Jika masih ingin dapat memutarkan lagu dari media kaset dan keping CD, maka perangkat Cassete/CD/VCD/DVD Player juga perlu kita siapkan sebagai salah satu sumber audio.

Phone Hybrid

Phone hybrid adalah salah satu perangkat yang sifatnya opsional dalam pengelolaan studio radio. Perangkat ini digunakan untuk siaran interaktif dengan pendengar melalui perangkat saluran telephone.

Microphone

Untuk bersiaran, tentu saja kita membutuhkan perangkat microphone. Sebaiknya kualitas microphone kita pastikan yang memiliki sensitifitas yang cukup tinggi, sehingga saat melakukan kegiatan siaran, akan menghasilkan suara yang cukup baik.

Idealnya, microphone untuk keperluan siaran ditempatkan di area siaran dengan menggunakan Microphone stand untuk kenyamanan saat melakukan kegiatan siaran.

D. Perangkat Audio Mixer, Audio Processor, dan Monitor

Perangkat yang juga dibutuhkan dalam pengelolaan Studio Radio adalah perangkat Audio Mixer. Perangkat ini akan menjadi penghubung antara beragam input audio, yang umumnya berasal dari perangkat Komputer, VCD Player, phone hybrid, dan tentu saja Microphone ke perangkat pemancar.

Audio Prosessor dibutuhkan untuk memastikan bahwa suara yang masuk ke perangkat pemancar sudah memiliki leveling audio yang sama, sehingga pendengar radio menjadi nyaman saat mendengarkan radio. Perangkat ini untuk pengelola radio komunitas boleh dikatalan sebagai perangkat Optional, tidak ada tidak apa-apa.

Perangkat Monitor Audio dalam pengelolaan radio adalah perangkat Headphone yang sering digunakan oleh para penyiar. Perangkat Headphone ini digunakan untuk memastikan bahwa suara kita atau suara lagu yang sedang diputarkan sudah cukup terdengar dengan baik. Jika tidak ada perangkat ini, dapat digantikan dengan speaker monitor yang sebaiknya ditempatan di luar studio untuk menghindari efek “broom”, atau efek suara yang masuk kembali melalui microphone studio.

 

E. Perhitungan Minimal Biaya Kebutuhan Siaran Radio

Berdasarkan uraian di atas tentang perangkat yang dibutuhkan untuk keperluan siaran Radio, dapat disajikan estimasi kebutuhan dana pembelian perangkat dengan kualitas perangkat yang memadai untuk membangun Stasiun Pemancar Radio.

 

Estimasi kebutuhan biaya perangkat siaran adalah sebagai berikut :

 

F.Instalasi Perangkat

Jika semua perangkat sudah siap, tinggal lakukan instalasi perangkat. Langkah Pertama adalah melakukan pemasangan antenna Pemancar. Letakan Antena pada lokasi yang tidak terlalu jauh dengan lokasi Perangkat Pemancar untuk memastikan masih terjangkau dengan Kabel Antena yang kita sediakan.

Jika Antena sudah terpasang, hubungkan kabel antena dengan jack konektor antenna yang tersedia di Perangkat Pemancar.

Selanjutnya lakukan instalasi perangkat Audio. Mixer adalah perangkat yang menjadi sentral dari perangkat Audio. Perangkat Mixer harus diletakkan di tengah Meja Siaran bersama dengan Perangkat Komputer dan perangkat audio lainnya.

Hubungkan Kabel Microphone ke Jack In pada Perangkat Mixer. Hubungkan pula seluruh Kabel Audio Out perangkat Audio seperti Komputer dan VCD ke Jack In perangkat Mixer. Setelah semua terhubung, sambungkan Jack OUT perangkat Mixer ke Jack Audio pada perangkat Pemancar.

Jika sudah dihubungkan semua, Perangkat Siaran dapat dinyalakan dan Studi Siaran dapat segera melakukan ON AIR.

Secara sederhana, tampilan Meja Siaran adalah sebagai berikut :

Demikian semoga bermanfaat. Salam Edukasi

Didi Mardiyanto